Total Tayangan Halaman

Jumat, 11 November 2011

Mengenalkan Anak pada Kegiatan yang Memicu Andrenalin

Di era yang serba modern ini ada kecenderungan orang tua untuk mengarahkan kegiatan anak pada kegiatan-kegiatan yang serba "instan" Seperti mengajak belanja ke mall, makan-makan di restoran fast food, bermain game, berwisata ke taman dan lain-lain yang mungkin bagi anak akan menjadi sangat membosankan jika terlalu sering dilakukan.
Sebenarnya masih banyak kegiatan-kegiatan positif yang akan lebih dapat memberikan manfaat bagi anak-anak selain hal-hal tersebut. Salah satunya adalah menghabiskan waktu bersama keluarga dengan kegiatan yang memicu adrenalin bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi anak-anak, juga memberikan pelajaran tersendiri. Kegiatan tersebut akan mengajarkan anak untuk saling bekerjasama, memotivasi, mengasah kreativitas otak dan tentunya mempererat hubungan keluarga.
Berikut kami akan berbagi tentang pengalaman kami memperkenalkan  kegiatan yang dapat memacu andrenalin  kepada anak-anak :

Panjat Tali

Kegiatan ini dapat mengasah ketrampilan anak untuk mengoordinasikan dan mengkombinasikan gerakan tangan dan kaki, di samping juga mengasah keberanian anak-anak untuk mengatasi masalah ketinggian. Yang perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa tali-tali yang akan dipanjat dalam keadaan kuat dan jangan lupa memasang tali pengaman pada badan anak.

Flaying Fox


Selain dapat memicu andrenalin, dengan bermain flaying fox anak-anak akan dapat merasakan sensasi "terbang"  di udara, hal yang mungkin belum pernah mereka bayangkan. Kegiatan ini juga akan memacu anak-anak untuk belajar "mengolah" emosi mereka dalam mengambil keputusan yang dilatarbelakangi oleh rasa ketakutannya, keinginan untuk mencoba dan sensasi terbang yang membayaangi pikirannya.



Yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk mencoba wahana permainan ini, pastikan bahwa wahana tersebut dikelola oleh instruktur yang berpengalaman,  peralatan  yang  sesuai dengan standart keamanan, dan wahana tersebut sesuai dengan usia anak anda. Jangan lupa jangan paksa mereka jika memang mereka tidak berani melakukannya.


Sebagai referensi, berikut obyek wisata yang menyediakan wahana flying fox di seputaran Solo Raya yang pernah kami coba bersama anak-anak antara lain :
1. Obyek Wisata Pemandian Cokro di Klaten.
2. Dayu Park di Sragen.
3. Sondokoro di Tasikmadu Karanganyar.
4. Taman Balekambang di Solo.

Dan,... selamat mencoba, semoga bermanfaat.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar